SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PARA PECINTA INDONESIA
Menghilangnya budaya Indonesia
Kamis, 07 Juni 2012

Menghilangnya budaya Indonesia

Assalamualaikum sobat.... sudah lama nih ga update blog ini, maaf ya.. melihat gambarnya kayaknya kali ini saya akan membawa anda ke dunia perwayangan. sesuai judul blog dengan Menghilangnya budaya Indonesia. Memang indonesia ini identik dengan budayanya yang bermacam - macam, dengan begitulah para pecinta seni dari berbagai negara tertarik dengan ragamnya negeri ini. Namun di kala negeri ini memancarkan seribu aura seni ke seluruh dunia,, kita sebagai pemegang hak dan kewajiban sebagai orang indonesia telah lupa bahkan tidak ingat dengan budaya kita sendiri.
Contoh saja saya disini akan mengulas wayang golek kesenian ini asal jawa barat, saya menceritakan ini karena saya orang jawa barat. dahulu ketika saya masih kecil saya sering sekali menjumpai seni wayang golek ini di setiap ada orang yang sedang menggelar hajatan, syukuran dan sebagainya, tetapi semakin ke sini hingga sekarang ini semakin kurang di sukai bahkan sangat jarang sekali ada pagelaran wayang golek. Dulu sih yang terkenal di daerah saya Bp. Asep sunandar sunarya. Berarti ini menandakan bahwa seni wayang golek ini semakin menghilang, yang kebanyakan saat ini tergantikan oleh budaya - budaya luar. Menaggapi hal ini saya sangat bingung, justru malah Dalang asal indonesia ini sering sekali manggung di luar negeri..!  Berarti budaya kita ini masih di hargai oleh negara lain. Tapi kenapa orang indonesia sendiri merasa malu atau merasa ini sudah ga eksis lagi atau apalah orang menyebutnya... Semakin kedepan saya melangkah,, rasanya semakin takut jika saya harus melihat indonesia kehilangan budayanya..
yah... wayang golek sekarang hanya hanya impian...

14 komentar:

NF mengatakan...

kata anak muda sekarang wayang golek udah 'basi'.. ironi ya secara orang bule belajar sampai ke sini untuk bisa mendalami wayang golek

affanibnu mengatakan...

kita sudah terlalu larut bersama spongebob dan boyband korea.!

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . bener banget. wayang golek sekarang udah jarang ditemuin. bahkan di tipi pun. dulu sich ada cepot itu tuch. ssambil menunggu buka puasa liat itu. tapi kayak nya sekarang udah pada bergeser ke yang lain. he..86x . .

Penyuluh Perikanan mengatakan...

Betul juga sobat, budaya kita sepertinya semakin lama semakin terkikis erosi secara pelan2 bisa pudar, Kuncinya mudah jika mau di kembangkan hanya Cukup dikurikulum pendidikan diperbanyak, mulai dari pendidikan Usia dini sampai ekolah tinggi, Hilangnya budaya disebabkan tidak ada perhatian secara Kurikulum untuk serius mempertahankan atau mengemnangkannya.....
terima kasih sobat Postingan g mamtap dan luar biasa...silahkan mampirsobat

Naturalzine mengatakan...

tv tv nasional dan swasta sudah malas kali tayangin acara wayang golek,, maklum, tidak banyak menghasilkan uang,, hehehehehe

Drieant mengatakan...

iya ya, kenapa orang luar lebih menghargai kita daripada kita sendiri? kenapa ya? ehm, apa karena pengaruh budaya barat. atau pemerintahnya juga yang ga 'awarn' terhadap semua itu ya?

sayang sekali memang, klo bgini terus bisa habis budaya kita, sungguh di sayangkan

Didin Supriatna mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Didin Supriatna mengatakan...

memang dah menghilang..

Popi mengatakan...

Kalo bukan kita yg melestarikan, siapa lagi? begitu kali tepatnya ya?
Saya ga tau, sekarang sekolah2 masih adain Ekskul seni Tradisional ga ya?
btw..masuk ke blog ini saya jadi inget jingle iklan rokok jadul.."I love the blue of Indonesia..."

Akhmad Muhaimin Azzet mengatakan...

kalo di Jawa Timur, dulu yang sering manggung adalah Ludruk, tapi sekarang sudah amat sangat jarang....

Lensa mengatakan...

Terkikis oleh modernisasi.
Sedih juga melihatnya

SANG PEMBELAJAR mengatakan...

Maju Indonesiaku... :)
Lanjutkand perjuangan... :D
Sapa pagi di Blog Sobat terbaik, sekalian berbagi MP3 Inspiratif Bag. XII, review ya Gan,,, :)
Salam hangat selalu... Thanks :)

Chriestover Arie mengatakan...

saya baru saja membaca berita bahwa banyak budaya kita yang di akui dan telah dipatenkan malaisia seperti "cendol,gamelan, bahkan tarian masyarakat batak" bagai mana pendapat agan tentang hal itu??
salam kenal dari Keretaminiku com Produsen Kereta Mini Mainan di Indonesia

Bung Penho mengatakan...

kunjungan balik kawan. artikel menarik!.

Indahnya alam kita

Indahnya alam kita
"mencintai, merawat, dan melestarikan alam sama dengan kita mencintai diri kita"
Copyright © 2012 @ Dinsphotography ( DSP )| http://dinsphotography.blogspot.com/ All Right Reserve. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Sponsor

Tas Handmade Cantik | Berhiaskan Mote yang Unik Kondisi: Baru Harga belum termasuk ongkos kirim . Harga Tas Homemade Unik Rp 165.000,-
Ragi Tape Jerami – Pakan Ternak Praktis dan MurahHarga Rp 71.500 Beli 5 ke atas 66.000
Lampu Love, Hadirkan Suasana Romantis Kondisi: Baru Harga belum termasuk ongkos kirim Harga Lampu Love Rp 66.000,- Beli 4 pcs ke atas Harga @Rp 64.000,- Beli 8 pcs ke atas Harga @Rp 62.000,-

Follow By Email

Link Exchange

Copy kode berikut di sidebar blog anda maka saya akan memasang link anda di bawah ini

Followers G-CI