SELAMAT DATANG DI BLOGNYA PARA PECINTA INDONESIA
Kejinya Perusak Makam Raja Gowa XVI ( Sultan Hasanudin ) Pahlawan Nasional
Kamis, 24 Mei 2012

Kejinya Perusak Makam Raja Gowa XVI ( Sultan Hasanudin ) Pahlawan Nasional

"PAHLAWAN RAJA GOWA" Bangga saya mendengar kata ini, Sultan Hasanudin adalah sosok pahlawan yang banyak berkorban untuk negeri ini. Tetapi saya menjadi sedih ketika saya mendengar dan melihat berita dari media khususnya tvone yang kemarin memberitakan tentang hal ini, dan setelah saya baca berita dari vivanews.com seperti ini beritanya saya copy.


  • VIVAnews -- Keluarga besar kerajaan Gowa mengutuk keras pengrusakan makam Sultan Hasanuddin, Kamis dini hari kemarin. Hal tersebut dikatakan salah seorang keturunan langsung Raja Gowa, Andi Madussila Idjo, saat menggelar tahlilan di Makam Sultan Hasanuddin, Kamis malam tadi. “Ini merupakan perbuatan keji dan sangat tercela,” kata Andi Maddusila, yang juga pernah dinobatkan sebagai Raja Gowa ke-37. Ia menambahkan, pengrusakan makam Sultan Hasanuddin sudah bukan persoalan keluarga kerajaan semata. Namun sudah menjadi persoalan internasional. Pasalnya Raja Gowa ke XVI tersebut merupakan salah satu tokoh nasional yang namanya mendunia. “Beliau ini adalah pahlawan nasional. Sehingga merusak makamnya sama saja tidak menghormati beliau,” terang Maddusila lagi. Maka dari itu, Maddusila mendesak polisi untuk segera mengusut para pelaku perusakan tersebut. Ia juga meminta, agar polisi menjatuhkan hukuman seberat-beratnya terhadap pelaku jika nantinya tertangkap.  “Harus dihukum sesuai pelanggaran yang dilakukan. Ini telah merusak situs sejarah dan cagar budaya,” tegasnya. Sementara itu, pada acara tahlilan di makam komplek raja-raja Gowa semalam berlangsung khidmat. Puluhan keluarga yang menjadi keturunan langsung Sultan Hasanuddin ini menggelar yasinan dan mendoakan Sultan Hasanuddin. Sebelumnya, orang tak bertanggung jawab membongkar makam yang terletak di di Jalan Pallantikang, Kecamatan Somba Opu, kabupaten Gowa itu menggunakan linggsis. Kondisi makam yang rusak parah pada bagian tiang batu nisan, papan prasasti dan gembok utama. Sultan Hasanuddin lahir lahir di Makassar, pada 12 Januari 1631  dan meninggal pada 12 Juni 1670, atau pada usia 39 tahun. Ia terlahir terlahir dengan nama I Mallombasi Muhammad Bakir Daeng Mattawang Karaeng Bonto Mangepe. Saat memeluk Islam, ia berganti nama dengan Sultan Hasanuddin Tumenanga Ri Balla Pangkana.  Sultan Hasanuddin dalam kehidupannya dikenal sebagai pejuang yang gigih melawan Balanda. Karena keberaniannya, ia bahkan dijuluki De Haantjes van Het Oosten oleh Belanda yang artinya Ayam Jantan/Jago dari Benua Timur.

~ Sumber Berita : http://nasional.vivanews.com/news/read/316833--perusak-makam-sultan-hasanuddin-keji-

Alangkah tak menghargai tonggak sejarah para perusak itu. Ini negara Indonesia yang mempunyai beragam adat dan budaya, setidaknya yang tidak suka harus menghargai dari pihak lain.  Saya sebagai keturunan bangsa Indonesia yang mencintai tanah air ini seutuhnya juga mengutuk kelakuan manusia tak bertanggung jawab itu. semoga yang berwajib dapat segera menuntaskan kasus ini. Perusakan Bangunan sejarah perlu di hukum....!

37 komentar:

NF mengatakan...

keterlaluan sekali, maksudnya apa ya orang2 yg bongkar makam itu? cari harta? ckckck parah

zachflazz mengatakan...

iya, saya nggak habis pikir tu dengan orang2 yang ngambilin barang yang bukan miliknya untuk kepentingan sendiri. banyak orang begitu saat ini

I Love Indonesia mengatakan...

@NF : Cari harta kok di kuburan..! di pasar kan lebih banyak duit.. hehe :)

I Love Indonesia mengatakan...

@Zachflazz : Apa untungnya ya..?? hemmm

Rulita.park mengatakan...

-.- gak sopan dan gak penting banget ngerusak makam orang -.-

Ririe Khayan mengatakan...

Makam SUltan Hassanudin di rusak? Kalau mau merusak, kenapa makam? Dan itu makam pahlawan nasional? Peristiwa yg berskala nasional dan seharusnya pihak pemerintah segera bisa menuntaskan kasus ini.

I Love Indonesia mengatakan...

@Rulita : emang kurang ajar tuh..

I Love Indonesia mengatakan...

@Ririe: memang harus cepat bertindaknya bagi pihak pemerintah..

ARMAN mengatakan...

Waduh makam pahlawan koq dirusak, yang ini mah tidak tahu terima kasih, apa mereka tidak ingat pahlawan ini mengucurkan darah membela negara tercinta mereka

Ladyulia mengatakan...

Gosh! Semoga pelakunya cepat ditangkap.
zaman semakin edan :'(
sampai2 berani ngebongkar makam pahlawan.ckkckck

Didin Supriatna mengatakan...

gila nih..

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . wachhhhhh,, jangan^ tu orang penasaran kale dengan kuburan beliau. maka nya dy sampe kayak gitu ato mungkin dy fanz nya beliau yg mau minta ttd. he..86x . .

Ummiega mengatakan...

Sungguh prihatin dengan kondisi seperti ini dan tentunya bukan hanya tempat ini saja tapi ada tempat lainnya juga yang mengalami kondisi seperti ini.

Asis Sugianto mengatakan...

gak punya kerjaan banget nih merusak makam

anisayu mengatakan...

tega banget perusak makam pahlawan
mesti dihukum kalau ketangkep...

Laurencius mengatakan...

Waduh, segitunya ya. Mudah-mudahan cpt terselesaikan tuh kasus.

Drieant mengatakan...

wah ngeri ya, ko bisa ya. harusnya bangsa besar aadalah bangsa yang menghargai para pahlawan eh in malah di rusak. ehm, mauny aapa si mereka ya?

tapi polisi kemana selama makam itu di rusak?

vmediakom mengatakan...

wew.. sampai segitunya ya.
wah..wah... apa kata dunia tuh

diana bochiel mengatakan...

bingung coment apa om... jd kayak belajar sejarah lagi bahas sultan Hasanudin :)

I Love Indonesia mengatakan...

@vpie : Ah.. si nenk ada2 aja... pake ttd mang artis..? hehe..

I Love Indonesia mengatakan...

@Ummiega : Memang sob..

I Love Indonesia mengatakan...

@Asis : Kebanyakan kerjaan kali,, makannya dia bingung mau kerja apa dulu.. hehe ..^__^

I Love Indonesia mengatakan...

@Laurencius : berdo'a aja..

I Love Indonesia mengatakan...

@Drieant : mang dah pada gila..

I Love Indonesia mengatakan...

@Vmediakom : malu ma dunia..

I Love Indonesia mengatakan...

@Diana : Coment apa aja boleh...

anisayu mengatakan...

wah sangat geram
rasanya sama perusak makam

hehehe kembali datang :)

Hany mengatakan...

orang sekarang makin aneh dan nakal aja,.ck ck

Widodo mengatakan...

wahhh kok samapek kayak gitu

Ferry Nurse mengatakan...

Seharusnya makam tersebut dijaga, ini malahan dijarah yah...

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . yheeeeeeeeeeeeee,, emank artis aja yg dimintain ttd?!? huhh. he..86x . .

I Love Indonesia mengatakan...

@Anisa : Emang..
@Hany : Aneh bener..
@Widodo : iya tuh sob..
@Fery : pada seneng jarah menjarah ni..
@Vpie : hehe.. abis mau minta ttd ma Vpie.. ga bisa.. wekwek..

♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥ mengatakan...

. . haduch,, hayuk dech sini aq ttd'in. he..86x . .

yusrandante mengatakan...

di indonesia memang masih sangat banyak orang yag tidak menghargai budayanya sendiri ...

Sundul mengatakan...

Tindakan yang melampaui batas, kalau ketemu harus diadili

Ilham Bachtiar mengatakan...

Kurang kerjaan banget orang-ang yang nggak peduli sama jasa Pahlawan!

Madjongke mengatakan...

Kalau masalah harta mungkin tidak ya. Kalau menuurt madjongke lebih ke benda pusaka

Indahnya alam kita

Indahnya alam kita
"mencintai, merawat, dan melestarikan alam sama dengan kita mencintai diri kita"
Copyright © 2012 @ Dinsphotography ( DSP )| http://dinsphotography.blogspot.com/ All Right Reserve. Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Sponsor

Tas Handmade Cantik | Berhiaskan Mote yang Unik Kondisi: Baru Harga belum termasuk ongkos kirim . Harga Tas Homemade Unik Rp 165.000,-
Ragi Tape Jerami – Pakan Ternak Praktis dan MurahHarga Rp 71.500 Beli 5 ke atas 66.000
Lampu Love, Hadirkan Suasana Romantis Kondisi: Baru Harga belum termasuk ongkos kirim Harga Lampu Love Rp 66.000,- Beli 4 pcs ke atas Harga @Rp 64.000,- Beli 8 pcs ke atas Harga @Rp 62.000,-

Follow By Email

Link Exchange

Copy kode berikut di sidebar blog anda maka saya akan memasang link anda di bawah ini

Followers G-CI